Sabtu, 02 Agustus 2008

Membuat Program Dengan Delphi

PEMBUATAN APLIKASI SEDERHANA DATABASE

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana membuat aplikasi sederhana menggunakan database dengan Delphi. Pada makalah ini kami memberikan contoh sebuah aplikasi sederhana yaitu Input Data Anggota. Pada aplikasi ini akan diuraikan dan dijelaskan penggunaannya yaitu sebagi contoh pengimputan data dari sebuah organisasi. Ada beberapa tahap dalam pembuatan aplikasi ini yaitu membuat alis, menghubungkan table degan komponen Delphi serta desain interfacenya, dan terakhir adalah menuliskan kode programnya.

A. membuat alias dan tabel
Sebeleum membuat alis kita harus memastikan bahwa kita mempunyai sebuah folder program dan di dalam folder program tersebut ada 2 buah folder lagi yang sat sebagai tempat file-file database dan yang sati sebagai tempat file-file projek
1. Membuat folder
Buatlah sebuah folder di direkktori tempat anda bekerja, disini kami memisalkan membuat folder dengan nama “laporan” dan kami letakkan di direktori C:/program files/common files/ Borland shared/ data/laporan. Setelah membuat folder buatlah 2 folder lagi di dalam folder anda sebagai tempat file-file database dan projek. Disini kami memisalkan membuat folder di folder laporan yaitu databse dan projek untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Download Lengkap

0 komentar:

Copyrigth @Design by - Arga Arjana BloodDryne - 2008 -